Monday, August 5, 2013

Mengubah Kebiasaan Buruk Menjadi Baik

Melakukan perubahan besar terhadap kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari memang sulit, karena akan mengusik zona nyaman Anda. Namun, perubahan kecil pun bisa memberikan dampak besar pada kehidupan Anda. Jadi, mengapa tidak dilakukan mulai sekarang?

1. Mulai fokus. Prioritaskan keputusan untuk melakukan perubahan kecil ini, dan fokuslah terhadap tujuan Anda tersebut. Julie Naylon, pemilik No Wire Hangers, jasa pengelolaan kantor profesional dari Los Angeles, menyarankan, “Dibutuhkan kerapian dalam menyusun aktivitas sehari-hari. Membiasakan diri untuk membersihkan tumpukan kertas di atas meja akan membuang kebiasaan buruk Anda.”
2. Mulai dari yang kecil, dan melangkah perlahan. Anda bisa kewalahan dan menyerah ketika harus melakukan perubahan besar yang mengubah hidup. Coba mulailah menata ulang tujuan Anda dari porsi yang lebih kecil, dan melangkah maju pelan-pelan. Jika Anda ingin menghemat anggaran, mulailah dengan membawa bekal sendiri ke kantor. Kebiasaan melakukan perubahan kecil bisa menuju pada perubahan yang lebih besar.
3. Latih setiap hari. Apakah Anda mencoba untuk bangun lebih awal, atau mengurangi menonton TV, Anda harus konsisten dengan upaya Anda untuk dapat melihat hasilnya. "Sesekali diterapkan dalam seminggu atau Anda sudah merasa cukup tak ada salahnya. Ingat, jika Anda ingin perilaku buruk berkurang, maka komitmen yang Anda miliki harus diterapkan secara berulang,” ujar Charles Duhigg.
4. Catat dan tempelkan. Tuliskan tujuan Anda, dan taruh di mana saja Anda dapat melihatnya setiap hari. Atau Anda bisa memberitahukan kepada teman atau keluarga Anda tentang tujuan yang Anda miliki supaya mereka dapat ikut mengingatkan Anda.
5. Berpikiran positif. Tidak ada satu orang pun yang sempurna, sehingga Anda perlu menghindari semua pemikiran buruk atau baik yang Anda pikir telah mengacaukannya. Menurut Marcia Friel, pengelola profesional yang berbasis di Chicago, Anda harus menunjukkan pada diri sendiri bahwa Anda mampu memenuhi tujuan Anda.
"Katakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda telah menyusun rapi meja kerja Anda selama seminggu,” jelasnya. "Beri diri Anda satu menit untuk menghapus email-email baru dari kotak masuk email Anda." Perasaan bahwa Anda mampu menyelesaikan hal tersebut cukup untuk membuat Anda kembali kepada kebiasaan yang baru.
6. Hadiahkan diri Anda. Merasakan diri untuk tetap baik dan positif merupakan kebiasaan yang dapat Anda jaga. Jadi, jika Anda merasakan hal tersebut, jangan lupa untuk menghadiahi diri sendiri. Gunanya agar Anda mampu menghargai setiap proses yang Anda lakukan, dan melatih diri untuk menjadi baik.

(Sumber: Kompas.com)

No comments:

Post a Comment